Header Ads

test

SDN Brebeg 02 Juara Lomba Aksi Sehari 1000 Puisi Se-Kabupaten Cilacap

SDN BREBEG02 ~ Salam semangat pengunjung blog yang berbahagia. Mudah-mudahan Bapak Ibu sekalian dikaruniai kesehatan dan keberkahan hidup.

Bapak Ibu sekalian sekolah sebagai pusat pendidikan mengemban peranan penting dalam pengembangan keterampilan peserta didiknya. Sekolah tidak hanya sebagai pusat pendidikan akademis, tetapi juga pendidikan non akademis. Hal ini sebagai wujud pelayanan maksimal terhadap peserta didik agar peserta didik dapat menyalurkan dan mengembangkan sesuai dengan bakat dan keterampilan yang dimilikinya.

SDN Brebeg 02 juga mengemban misi yang sama sebagaimana salah satu visinya yaitu meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler. Sebagai salah satu wujudnya pada hari Senin, 28 Oktober 2013 SDN Brebeg 02 mengikuti kegiatan Aksi Sehari Seribu Puisi Se-Kabupaten Cilacap yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa. Kegiatan ini diselenggarakan di Kompleks Benteng Pendem Teluk Penyu Cilacap. Acara tersebut diikuti oleh berebagai jenjang sekolah dari tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama sederajat dan Sekolah Menengah Atas sederajat dari berbagai penjuru se-Kabupaten Cilacap.

Awalnya SDN Brebeg 02 akan mewakilkan 5 siswanya untuk mengikuti kegiatan tersebut. Akan tetapi ada usulan dari salah seorang guru yang hendak memanfaatkan moment itu sekaligus kegiatan study tour lokal ke Perpustakaan Daerah Cilacap. Sehingga SDN Brebeg 02 menyertakan seluruh siswa kelas IV, V dan VI dengan jumlah 32 siswa dengan 8 guru pendamping. Beberapa tujuan kegiatan ini diantaranya :
• Ikut berpartisipasi menyemarakan hari sumpah pemuda dan bulan bahasa.
• Memfasilitasi peserta didik yang berbakat dalam bidang sastra khususnya menulis puisi.
• Menumbuhkan dan melatih siswa mengapresiasi sastra puisi.
• Melatih mental dan menambah pengalaman siswa.
• Mengenalkan peserta didik terhadap lingkungan sekitarnya.

Kami berangkat dari Brebeg sekitar pukul 08.00 dan sampai di sana sekitar pukul 09.30. Kami berangkat dengan mengendarai mobil bak terbuka. Sesampainya disana kami langsung mencari tempat yang nyaman untuk menulis puisi. Kami mendapatkan tempat yang tidak jauh dari panggung utama. Jadi selain menulis puisi kami juga bisa melihat dan mendengar acara Aksi Sehari Seribu Puisi dengan jelas.

Anak-anak SDN Brebeg 02 naik mobil bak

Anak-anak SDN Brebeg 02 dalam perjalanan menuju Benteng Pendhem Cilacap

Ibu Ely Maryati, S.Pd.SD selaku panitia Aksi Sehari Seribu Puisi

Papan pajangan berisi puisi dari sekolah se-Kabupaten Cilacap

Beberapa pengunjung melihat papan pajangan puisi

Anak-anak SDN Brebeg 02 sedang beristirahat

Anak-anak SDN Brebeg 02 mulai menulis konsep puisi

Pembacaan sumpah pemuda

Pembacaan puisi oleh pengisi acara

Bu Mujinah tampak serius ikut menulis puisi juga

Bu Isnaeni ikut berpartisipasi menulis puisi

Guru-guru SDN Brebeg 02 membawa piala

Ada hal yang tidak kami duga dalam kegiatan tersebut. Di tengah-tengah acara ada surprise dari panitia untuk memberi penghargaan kepada peserta lomba dengan beberapa kategori diantaranya kepada sekolah dengan peserta terbanyak, sekolah terjauh dan UPT dengan peserta terbanyak. Nah sungguh diluar dugaan SDN Brebeg 02 ternyata mendapatkan juara dengan kategori sekolah dengan peserta terbanyak. Hal yang mengejutkan, perjuangan kami menempuh perjalanan sekitar 40 Km terbayar sudah dengan sebuah piala besar Juara Aksi Sehari Seribu Puisi Se-Kabupaten Cilacap kategori sekolah dengan peserta terbanyak. Semoga penghargaan ini menjadi inspirasi bagi kami untuk bisa berprestasi lagi dikemudian hari. Salam semangat.

Tidak ada komentar

Terimakasih sudah berkenan berkomentar :)